About














Rabu, 24 Desember 2014

Pengalaman Menjadi Asisten Lab Fisika Dasar Universitas Gunadarma

Assalamualaikum wr wb......
salam mahasiswa ....

Bagi kalangan mahasiswa ,khususnya mahasiswa kampus gunadarma tersayang , tentu sudah tidak asing lagi dengan kata ASLAB . atau asisten laboratorium , di setiap jurusan di UG , hampir semua mempunyai lab sendiri , nahh tugas aslab lah yang mengelola dan mengurus semua kegiatan didalam lab tersebut , mulai dari menjadi tutor , input nilai , dll .

saya adalah salah satu mahasiswa jurusan sistem informasi fakultas ilkom angkatan 2012-2013 . kali ini saya akan menceritakan perjuangan menjadi aslab fisika dasar .

saya mendaftar aslab saat saya sudah memasuki semester 5 , karena ya memang salah satu persaratan menjadi aslab itu harus sudah menyelesaikan perkuliahan selama 4 semester . nih saya kasih tau biar lebih lengkapnya :


 

awalnya saya ragu memilih menjadi aslab fisdas , yasudahlah saya dan satu lagi teman saya meniatkan diri untuk " iseng " mendaftar . 

semua persyaratan harus di taro didalam map , kemudian dikumpulkan kepada PJ (penanggung jawab ) di lab fisdas tersebut .
kemudian akan diberitahu kapan kalian akan mengikuti seleksi pertama , yaitu seleksi tertulis alias ngerjain soal fisika , kemudian SMS datang kalau seleksi akan dilakukan minggu depan (saya lupa tanggal berapa ) , saat membaca SMS itu saya cuman bisa melongo , karena bingung harus belajar apa untuk seleksi nanti , yasudah saya buka2 saja buku praktikum saya waktu semester 1 dulu . 

hari H pun tiba , saat memasuki ruangan  lab , saya sudah dibuat ketar ketir dengan jumlah pelamar yang cukub lumayan banyak , sedangkan rumor beredar kalo hanya 30 orang saja yang akan di terima menjadi Aslab. makin ketar ketir aja nih gua. 
yasudah akhirnya tes teori dimulai , dan diakhiri 2 jam kemudian . 2 jam yang sangat menyiksa, karena bukan hanya soalnya saja yang susah , tetapi suhu ruangan yang sangat dingin yang membuat bulu merinding . 

saya pulang dengan hati was was , walaupun niatnya iseng , tapi tetep aja kalo ga lolos pasti ada rasa kecewa . 

seminggu kemudian saya mendapat SMS kalau saya lulus seleksi tertulis , begitupun teman saya , 
#sumpahinigaboong 
seandainya saat itu saya punya pacar dan seandainya dia ada disamping saya , pasti sudah saya jambak2 rambutnya ... hahahah ngarep

yasudah seminggu kemudian saya datang lagi ke lab , dan ternyata inilah ujian sebenarnya , kita diharuskan menjelaskan min 10  praktikum beserta fungsi dari peralatanya , di hadapan aslab senior selayaknya aslab senior menjelaskan kepada praktikan . 
saya lalaui momen tersebut dengan muka pucat keringat bercucuran dan bicara yang gagap . 
saking mati kutunya , sempat terlintas di my mind  , kalo saya ingin mengundurkan diri aja lah , ga kuaaattttttt, 

yasudah lagi . beberapa hari kmdn , saya dikabari kalau saya diterima , kesan pertama saya , " pinter juga gue , hoki bener gue, gasalah ? "   yasudah hari pertama saya menjadi aslab diiisi dengan briefing , dan hari selanjutnya dilalui dengan enjoy dan tanpa beban , karena menjadi aslab tidak seberat yang dikira , asal kita menjalani dengan enjoy , maka akan enjoy juga ,,, oalah apasih 

makanya bagi adek adek yang mau mendaftar jadi aslab , jangan ragu untuk mencoba , sapa tau aja nasib nya mirip kaya saya , banyak banget keuntungan kalo kalian menjadi aslab , selain banyak pengalaman dan kenalan , kerja kalian juga akan dihargai , alias akan digaji , walaupun tidak begitu banyak tapi bisa lah buat jajan ama isi pulsa 5 juta . hahahahah becanda 
itu aja yang bisa saya sharing , tentang pengalaman menjadi aslab atau lebih tepatnya sebelum menjadi aslab . hahahaha
 wasalam

2 komentar:

Khairunisa Assa'diyah mengatakan...

Ka itu tes wawancaranya uruh menjelaskan?

sawram dhavi mengatakan...

Bocoranya dong kak?

Posting Komentar