About














Senin, 08 Oktober 2012

Pengaruh Kebudayaan Animisme Pada Masyarakat Indonesia

      Dalam kepercayaan masyarakat Indonesia , masih ada yang mempercayai legenda dan mitos yang di ceritakan turun temurun oleh nenek moyang mereka . keprcayaan tersebut disebut budaya animisme, Animisme berasal dari kata anima; dari bahasa Latin, Animus, dan bahasa Yunani Avepos, dalam bahasa Sansekerta disebut Prana, dalam bahasa Ibrani disebut Ruah yang artinya napas atau jiwa adalah ajaran dari doktrin tentang realitas jiwa .kebudayaan animisme terbentuk ketika masyarakat masih belum mengenal agama , dimana masyarakat masih menggunakan bahasa isyarat dalam berkomunikasi , masyarakat yang menganut kebudayaan animisme mempercayai bahwa benda mati seperti batu , pohon besar dan hal semacamnya memiliki roh , atau bisa disebut di keramatkan, selain percaya bahwa benda tersebut memiliki roh , mereka juga percaya bahwa roh orang yang sudah mati dapat hidup diantara mereka. Contohnya adalah suku nias yang mempercayai bahwa seekor tikus yang keluar masuk dari rumah adalah perwujudan dari roh wanita yang mati karena melahirkan
Kebudayaan animisme sangat kuat melekat pada masyarakat Indonesia , Diperkirakan bahwa di provinsi Kalimantan barat masih terdapat 7,5 juta orang dayak yang tergolong pemeluk animisme.
Masyarakat yang masih melestarikan kebudayaan yang dipengaruhi oleh animisme mempunyai upacara upacara adat sendiri contohnya melakukan upacara pada pusaka yang dapat berupa keris, tombak, rantai, kereta kraton, payung atau pakaian-pakaian tertentu lainnya dan melakukan persembahan di  tempat-tempat yang dianggap keramat.
Sigmund Freud, psikolog sekuler, mengatakan bahwa Animisme menjelaskan konsep-konsep psikis teori tentang keberadaan spiritual secara umum. Animisme sebenarnya berasal dari wawasan bangsa-bangsa primitif yang luar biasa tentang alam semesta dan dunia. Saya setuju dengan pendapat beliau , karena memang manusia jaman dulu belum memiliki kepercayaan yang kuat , sehingga rasa penasaran mereka terpusat pada benda benda yang misterius , seperti gunung yang mengeluarkan gemuruh dan lahar , karena kekuatan gunung tersebut amat dashat , mereka lantas takut dan lama kelaman memuja gunung tersebut.
Disamping budaya animisme yang dianggap tabu oleh masyarakat , tetapi budaya animisme adalah salah satu budaya bangsa Indonesia yang dianggap unik bagi bangsa lain , dengan keunikan tersebut , orang asing dari Negara lain pun ingin mempelajari budaya tersebut , bahkan ada budaya animisme yang dimanfaatkan sebagai salah satu pemikat wisatawan datang ke tempat tersebut , contohnya adalah Bali yang memanfaatkan budaya mereka untuk menggaet wisatawan , diketahui bahwa bali merupakan daereah yang sebagian masyarakatnya masih mempercayai hal hal yang berbau mitos dan legenda , karena itu banyak wisatawan yang datang ke pulau bali karena pulau tersebut memiliki keunikan masyarakattnya selain keindahan pantainya .
Tidak bisa dipungkiri bahwa budaya animism sudah melekat pada masyarakat Indonesia dari dulu hingga sekarang dan sudah menjadi tradisi di berbagai pelosok daerah di Indonesia.
Sumber referensi :


1 komentar:

sablon cup mengatakan...

terima kasih informasinya gan.

www.kiostiket.com

Posting Komentar